Jumat, 01 Juni 2018

14 Kata-kata Motivasi Chairul Tanjung, Si Anak Singkong

loading...

Chairul Tanjung merupakan pengusaha papan atas Indonesia dan dikenal sebagai pemilik CT Corp. Pengalaman dalam berbisnis yang luar biasa, mengantarkannya menjadi salah satu orang kaya di Republik Indonesia. Jatuh bangun dalam memulai usaha hingga menjadi sukses seperti sekarang ini, tidak menjadikan si Anak Singkong tinggi hati tapi malah memberikan spirit bagi para pengusaha muda untuk tetap bersemangat membangun usahanya supaya maju dan terus berkembang.



Berikut 14 kata-kata motivasi dari Chairul Tanjung yang dapat kita ambil hikmahnya, untuk terus membangun pribadi kita supaya menjadi pengusaha-pengusaha yang bermental baja :

1). Gagal itu makanan sehari-hari. Itu biasa, yang penting gimana menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi! 

Ulasan Redaksi :
PRINSIP DASAR usaha manusia dalam rangka meraih kesuksesan adalah Gagal, Bangkit, Coba lalu Evaluasi..Gagal, Bangkit, Coba dan Evaluasi. Dan yang disebutkan terakhir tadi yaitu Evaluasi mempunyai peran penting dalam menentukan hasil yang ingin kita dapatkan. Dengan evaluasi yang mendalam dan prespektif, akan tercipta solusi dari semua permasalahan yang ada.

Kalau kita menelaah beberapa kisah orang besar di belahan dunia ini, tidak ada orang sukses yang berjalan tanpa kegagalan. Banyak orang yang sukses, namun saat melakukan perjalanan menuju sukses sempat puluhan kali mengalami kegagalan. Bahkan kegagalan sangat akrab dengan kehidupan mereka dan menjadi makanan sehari-sehari.

Yang membedakan masing-masing diantara kita, adalah seberapa kuat kita mampu membackup kegagalan tersebut. Sering kita dengar, bahwa kegagalan akan menjadi pembeda antara pemenang dan pecundang. Pemenang mengambil hikmah dari suatu kegagalan dengan cara bangkit dan mengevaluasi diri. Kegagalan tersebut menjadi cambuk dan pengalaman bagi pemenang sehingga tidak jatuh ke dalam lubang kesalahan yang sama. Sedangkan bagi pecundang, ketika menemui pintu yang namanya "kegagalan" akan langsung terhenti dan berputus asa (seakan-akan tidak ada jalan keluar dari permasalahan yang dihadapinya). Sekarang setelah mengetahui hal tersebut, kita tinggal memilih, kita berada di kutub manakah kita berada? Pemenang atau Pecundang?


2). Bekerjalah 2 atau 3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. 

Ulasan Redaksi :
Bekerja, bekerja dan bekerja. Ini adalah bentuk usaha yang bisa kita lakukan saat menginginkan hasil terbaik. Meluangkan waktu untuk menambah jumlah kinerja kita akan menambah kesempatan kita dalam menganalisa berbagai hal dalam prespektif yang berbeda. Untuk belajar menjadi yang terbaikpun, kita juga memerlukan waktu tambahan. Dan ini tidak bisa dipungkiri!

Kalau kita menggunakan waktu yang ada dengan terus bersantai, bercanda ria, tentu saja banyak waktu yang bermanfaat lewat di depan kita. Kesempatan dan kelihaian kita dalam mengolah waktu menjadi sumber daya tersendiri, akan membuat kita memiliki kesempatan untuk menjadi sukses. Banyak blogger atau orang-orang yang berkecimpung di dunia internet marketing, meluangkan waktu disela-sela kesibukannya dengan mempelajari hal-hal yang terkait dengan pemasaran online. Di waktu banyak orang sudah beristirahat dengan menikmati waktu santai, para pegiat online ini sibuk untuk menambah passive income mereka dengan membuat artikel, menambah jumlah website atau sekedar membuka toko online shop yang baru. Lihatlah perjuangan mereka. Dan hasil yang mereka dapat sekarang tidak serta merta mereka dapatkan dengan mudah, tapi perlu proses panjang dan banyak sekali waktu yang mereka gunakan.

Terus bagaimana dengan anda? Apakah anda masih ingin bersantai, ketika banyak orang berjuang bagaimana mendapatkan income tambahan atau bisa menjual produk dengan pemasaran online dengan mudah? Semoga anda bukan termasuk orang yang bersantai tersebut.

3). Berpikir positif adalah salah satu cara terbaik ketika tidak punya pilihan. 

Ulasan Redaksi :
Positive Thinking adalah sesuatu yang sering kita dengar dari berbagai lapisan masyarakat. Berpikir positif adalah suatu solusi dimana kita tidak mengetahui secara detail tentang sesuatu hal. Dengan beranggapan baik, kita akan lebih mudah melangkah, menentukan dan bisa adil dalam menilai sesuatu. Terus, bagaimana cara penerapannya?

Saat kita kebingungan hendak memilih yang mana yang benar yang mana yang salah? Kita harus melakukan crosscek dan usahakan jangan tergesa-gesa.

4). Modal utama pengusaha adalah jangan cengeng, jangan mudah menyerah. 

Ulasan Redaksi :
Kuat dan Pantang Menyerah adalah modal dasar yang harus dimiliki para pengusaha mandiri. Menghadapi pasang surut dunia usaha, kita harus memiliki mentalitas tidak mudah menyerah. Berbagai problema dunia usaha yang datang silih berganti harus kita tatap dengan pandangan tegar dan tidak modah goyah. Sikap pantang menyerah saat menghadapi berbagai masalah dan tekanan, harus terus kita dibina dan tumbuhkan. Sikap “ngeyel” dalam artian positif akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan dunia usaha kita.

Kejar tayang atau berbagai istilah yang pada dasarnya adalah menumbuhkan sikap disiplin akan ketetapan waktu atau target yang diberikan, semakin menjamur di berbagai elemen masyarakat modern di Indonesia. Dan tentu saja ini menimbulkan dampak yang positif apabila ditinjau dari berbagai aspek yang berkaitan dengan dunia usaha. Target tepat waktu, kesesuaian dalam penjadualan proses produksi dan siklus perusahaan yang positif. Namun ketika semuanya berakhir dengan aktivitas “over” akan memberikan efek yang negatif terhadap pelaku usaha maupun karyawannya. Hal itu tentu saja yang berkaitan dengan kesehatan, konsentrasi yang berkurang dan tidak fokus pada pekerjaan.

Keberhasilan banyak owner dunia usaha dalam mengatasi hal ini, tentu saja akan berdampak positif dalam membangun kemajuan usahanya. Tumpang tindih dari berbagai aktivitas dunia usaha, akan menjadi sesuatu hal yang biasa dan terasa menyenangkan. Namun ada juga pengusaha yang tidak bisa keluar dari masalah tadi sehingga mendapatkan hasil yang mengecewakan, seperti : merugi, bangkrut atau hal-hal lain yang kurang menyenangkan akan hal tersebut. Dan ketika menemui keadaan ini, pengusaha yang mempunyai mental pantang menyerah akan bangkit dan kembali berdiri. Jatuh bangun suatu hal biasa dalam dunia usaha. Kalau kita tidak siap dan mempunyai mentalitas cengeng dan banyak mengeluh, tentu akan menuai sesuatu kegagalan terus menerus. Mentalitas tidak mudah menyerah merupakan kunci seseorang entrepreneur untuk menuju kesuksesan. 

5). Setinggi tingginya jabatan apapun dalam pekerjaan tetap saja kita adalah pegawai. Tapi sekecil-kecilnya usaha kita, tetap saja itu BOS. 

Ulasan Redaksi :
Inilah yang membedakan mentalitas pekerja dengan mentalitas pemilik usaha. Ketika kita berada di posisi pegawai dengan mentalitas pekerja kita akan merasakan sesuatu yang lebih aman dan tidak berisiko. Penghasilan yang masuk setiap bulan tetap dan mungkin lebih terjamin dalam bidang jaminan masa tua dan bidang jaminan kesehatan. 

Berbeda memang dengan seorang pengusaha. Pengusaha memiliki resiko yang lebih tinggi. Bisa saja usaha yang dia rintis mengalami kerugian yang besar, pegawai mogok dan minta naik gaji, supplier menaikkan harga, tagihan penjualan macet atau bahkan usahanya diambang kebangkrutan. Namun seperti apa yang disampaikan bapak Chairul Tanjung, BOS memang tetap BOS walaupun sekecil apapun usahanya. Pemilik usaha atau owner memiliki kontrol penuh terhadap usaha bisnisnya. 

Seorang pemilik usaha juga bisa membuat kebijakan-kebijakan tertentu atau strategi pemasaran dunia usahanya. Bisa jadi hasil usaha mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat sehingga menjadikannya pengusaha yang kaya raya. Dan ini bukan sesuatu yang tidak mungkin! Namun penulis sendiri tidak memberikan suatu doktrin keharusan bahwa semua orang harus menjadi pengusaha. Untuk pekerja atau pegawaipun, kalau bekerja dengan profesional dan memberikan yang terbaik..juga dapat mencapai sukses yang luar biasa dan membanggakan.

6). Tanpa kerja keras ini semua omong kosong. 

Ulasan Redaksi :
Kerja keras dan kesungguhan seseorang dalam berusaha untuk mendapatkan sesuatu , adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh manusia. Para pemalas, para pengeluh, para pecundang hanya akan mendapatkan kesengsaraan kalau tidak merubah pola pikir mereka. Pola pikir yang mengangkat mentalitas kerja keraslah yang harus kita kedepankan. Disiplin, kerja keras dan doa adalah satu kesatuan mata rantai yang tidak pernah terpisahkan ketika kita ingin mendulang sukses di kemudian hari. Jadi ketika kita meniadakan kerja keras dalam hal ini, tentu saja merupakan suatu hal yang mustahil.

Ketika kita menemui seorang penulis yang ternama dengan hasil karyanya yang luar biasa, akan kita dapati ia seorang pekerja keras. Siang malam penulis ini mencari bahan tulisan, menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan dan mengaplikasikannya sehingga membentuk suatu karya tulis yang mudah dicerna oleh masyarakat. Kejeliannya dalam pemilihan kata, kecerdasannya dalam menjabarkan dan kekuatan tekadnya menjadikan suatu yang sulit menjadi terlihat mudah. Kerja keras yang dilakukan penulis ini, mungkin bagi orang lain dirasakan sangat sulit.

Ditempat lain, ketika kita melihat seorang pemain sepakbola yang begitu lincah memainkan bola, mengoper bola dengan jarak terukur dan melakukan tendangan yang begitu akurat..kita akan melihat padanya sebuah latihan yang sangat keras dan berkesinambungan. Kerja keras pemain tersebut membuahkan hasil yaitu kita dapat menikmati pertandingan sepakbola yang indah dengan opoeran-operan yang begitu memukau.

Jadi sangat disayangkan apabila ada orang yang terus berangan-angan ingin menjadi kaya atau sukses tetapi ia tidak mau bekerja keras. Ia hanya terus menggerutu, menyesali nasibnya dan selalu menyalahkan orang lain. Mentalitas seperti ini lambat laun akan mengikis orang tersebut dan memungkinkan dirinya jatuh ke dalam sesuatu yang kurang baik. Apabila kita sukses atau menjadi yang terbaik , siapkan diri kita untuk bekerja keras mencapai apa yang kita impikan.

7). Kesuksesan bukanlah suatu tujuan, melainkan sebuah perjalanan untuk masa depan.

Ulasan Redaksi :
Ketika kita berbicara mengenaik kesuksesan kita harus mengetahui esensinya. Kesuksesan seseorang tidak bisa diukur dalam satu waktu, karena manusia terkadang mengalami yang namanya “pasang surut”. Kadang kita bisa di posisi atas, suatu saat kita akan berada dibawah. Namun yang kita harus pahami adalah kesuksesan merupakan modal awal saat kita menghadapi masa depan.

Dengan kesuksesan kita akan lebih mudah menghadapi segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita. Problematika kehidupan terus berjalan, masalah demi masalah seakan-akan diciptakan untuk menghadang kita, mengkritisi kita bahkan kadang mengoyak kesabaran seseorang. Untuk lebih siap dalam menghadapi itu semua kita perlu mempersiapkan mentalitas kita dan mempunyai penguasaan yang baik terhadap emosi kita.

8). Kerja keras dan kerja cerdas dapat memastikan keberhasilan, namun sedekah dapat memudahkannya. 

Ulasan Redaksi :
Ada orang yang salah menafsiri atau tidak mau menggabung ketiga hal ini yaitu kerja keras, kerja cerdas dan sedekah. Dengan kerja keras kita dapat melakukan berbagai hal yang mungkin dirasa sulit oleh orang lain. Kerja cerdas memudahkan jalan sehingga kerja keras yang kita lakukan memberikan hasil yang lebih maksimal. Contoh : Jaman dahulu kita melakukan pengetikan naskah-naskah menggunakan mesin ketik manual. Mesin ketik berdiri sendiri, tidak bisa dikoneksikan dengan mesin ketik yang lain. Dan di jaman ini mesin ketik dirubah manusia dengan kerja cerdas yaitu menggunakan computer. Dengan computer kita bisa menyimpan data dengan mudah dan dapat menggunakan sewaktu-waktu kita butuh, ketika terjadi kesalahan kita dapat menghapusnya dengan mudah, computer dapat terhubung dengan computer lain sehingga menimbulkan interaksi yang cepat dan bisa saling bekerja sama antara pengguna computer yang satu dengan yang lain.

Bisa kita bayangkan kalau kita terus menerus mempertahankan mesin ketik hingga saat ini, berapa waktu yang terabaikan dan banyak sekali sesuatu yang tidak dapat kita capai berbeda dengan kita saat menggunakan computer. Sedangkan apa yang disebut dengan sedekah memudahkan semuanya yaitu sebagai pelancar kerja keras dan kerja cerdas, yatu dengan sedekah kita akan mendapatkan kebaikan dari Tuhan karena kita telah berbuat baik di dunia sehingga kita akan mendapatkan keberkahan yang berlimpah dari Penguasa Alam semesta ini yaitu Tuhan Yang Maha Kuasa.

9). Jujur dan kepercayaan adalah modal awal dan paling dasar dari seorang pengusaha. 

Ulasan Redaksi :
Pondasi dasar seorang pengusaha memulai bisnis adalah kepercayaan dari pelanggan, investor, supplier dan karyawannya sendiri. Kejujuran menjadi tolak ukurnya. Ketika semua pihak yang saya sebutkan tadi telah mempercayai kejujuran anda, tidak akan menunggu lama..anda akan banyak mendapatkan hasil dari kejujuran yang anda miliki tersebut. Ketika orang lain sudah mempercayai kita dan kita mampu menjaganya dengan baik, tentu saja hal ini akan berimbas kepada melimpahnya sesuatu yang kita dapatkan. 

Kepercayaan orang lain tidak dapat kita dapatkan dengan mudah, namun perlu proses. Beragam interaksi yang kita lalui dengan orang lain, akan menentukan kita apakah orang yang dapat mereka percayai atau tidak. Kepercayaan itu sendiri akan muncul ketika kita benar-benar bisa menjalankan apa yang mereka inginkan dan kita berdusta akan hal yang memang tidak kita lakukan atau yang kita lakukan. Poin ini kelihatannya sederhana, namun ketika kita menjadi pengusaha nilai inilah yang paling penting dan sangat mendasar supaya kita benar-benar sukses saat menjadi pengusaha. 

10). Selain kerja keras, hal lain yang harus diingat adalah kerja ikhlas. Setelah itu, baru menyerahkan segala hasil kerja keras kepada Tuhan. 

Ulasan Redaksi :
Kadangkala kita sebagai manusia lupa akan pencipta kita. Kita lupa akan keberadaan Tuhan. Seringkali kita hanya bekerja tanpa semangat, hanya memenuhi peraturan-peraturan yang dibuat di perusahaan tempat kita bekerja. Kita tidak membarengi kerja keras kita bersanding dengan kerja ikhlas, padahal dengan kerja ikhlas seberat apapun pekerjaan kita akan menjadi ringan. Dengan kerja ikhlas, kita akan bekerja sepenuh hati dan melakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. 

Setelah melakukan apa yang disebut kerja keras yang dilandasi keikhlasan, kita juga harus menyerahkan hasil akhir yang kita lakukan kepada Tuhan. Hasil akhir ditentukan oleh Tuhan. Yang terpenting bagi kita sekarang adalah terus berusaha dengan seikhlas mungkin dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan yang menguasai seluruh alam. 

11). Untuk Sukses, Kamu perlu mempercayai Dirimu Sendiri, terutama disaat tidak ada Seorangpun yang Percaya Padamu. 

Ulasan Penulis :
Percaya kepada diri sendiri? Ya harus..tapi ingat itu dilakukan setelah kita berdoa. Selesai berdoa kepada Tuhan kita harus melakukan pekerjaan dan menyelesaikan berbagai masalah dengan kepercayaan diri yang terukur. Kepercayaan bahwa dirimu bisa melakukan pekerjaan yang terbaik, bekerja dengan cepat, jujur, disiplin dan konsisten akan membuat semuanya menjadi berbeda. Secara insting gerak tubuh kita akan menjadi bersemangat ketika kita lebih percaya diri. Melakukan pekerjaanpun tidak terasa berat dan cenderung mudah dilakukan. 

Ketika calon pelanggan tidak mengenal anda, tidak percaya kepada anda dan tidak berinteraksi dengan anda, anda harus tetap percaya diri. Tawarkan produk anda, lakukan dengan percaya diri dan jangan menyerah. Kepercayaan diri anda akan memberikan nuansa positif kepada calon pelanggan, ketika mereka mengetahui keberadaan anda. 

12). Kemenangan bukanlah prioritas utama dalam suatu perlombaan, tapi juga dapat menjadi pengalaman dan motivasi diri. 

Ulasan Redaksi :
Ada orang sukses yang mengatakan bahwa yang terindah waktu menapaki puncak sukses adalah perjalanan menuju sukses itu sendiri. Pada waktu melakukan perjalanan ini, orang sukses mendapatkan apa yang disebut sebagai pengalaman yang terus harus diuji. Jatuh bangun membangun suatu usaha dan bagaimanan mereka mengatasi hal tersbut menjadi sesuatu yang tidak pernah lepas dari pikiran mereka. Memori yang terekam di kepala mereka menjadi satu aset yang sangat berharga karena dapat digunakan sewaktu-waktu. Pengalaman dan berbagai hal yang memotivasi diri untuk terus menapak ke puncak sukses menjadi lebih indah ketika kita terus berusaha dan akhirnya sampai di puncak kesuksesan yang diidam-idamkan oleh banyak orang. ''

Kemenangan atau saat di puncak sukses, biasanya tidak membuat orang sukses berdiam diri. Ia berusaha menularkan pengalamannya ini kepada orang lain supaya dapat diambil manfaatnya. Banyak orang terinspirasi dan mencoba menggapai puncak sukses dengan berbagai cara dan trik yang diajarkan orang yang sudah sampai di puncak sukses tersebut. Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah sampai di puncak sukses? 

Kalau belum? Sudahkah anda mendapat pengalaman atau belajar pengalaman untuk menuju sukses sehingga anda termotivasi? Ya..itulah pertanyaan yang harus kita jawab ketika kita menginginkan menjadi orang sukses. Pengalaman dan motivasi saling berhubungan. Ketika hanya pengalaman yang mengambil alih kemudi tanpa kita termotivasi, kita akan melihat kapal itu berjalan dengan pelan dan loyo. Tapi ketika melihat gabungan dari keduanya, kita akan melihat kapal yang berlalu dengan cepat dan mengetahui di tempat mana terdapat karang yang bisa membuat nahas kapal yang menabraknya. 

13). Lama memang, tapi itu caranya. Semua harus dilewati seperti anak tangga. Satu-persatu, jangan lompat-lompat karena kalau melompat kemungkinan terpelesetnya tinggi. 

Ulasan Redaksi :
Segala sesuatu perlu proses, termasuk kesuksesan. Sukses dengan cara instant adalah sesuatu yang mungkin bisa terjadi tapi hanya dalam beberapa kasus dan ini jarang terjadi. Contoh : anda yang tadinya pengangguran kemudian anda menjadi menantu seorang milyader sehingga ikut merasakan kekayaan mereka atau anda menolong seorang milyader dalam sebuah tindak kejahatan sehingga anda dihadiahi beberapa perusahaan oleh milyader terebut. Namun hal ini adalah sesuatu yang langka. 

Banyak orang kaya yang merintis usahanya dari nol sejak usia muda dan baru menikmati kesuksesan pada waktu mereka berusia diatas 55 tahun. Mereka melalui proses yang panjang dan berliku untuk mencapai sukses. Menang tidak dipungkiri ada beberapa orang atau milyader mudah yang mereka sukses ketika mereka berusia dibawah 35 tahun, namun mereka jumlahnya tidak banyak. Dan kesuksesan merekapun tidak langsung secara serta merta, tapi tetap memakai yang namanya “Proses menuju ke puncak”. Saat menuju ke puncak sukses, mereka banyak belajar mengenai berbagai hal termasuk salah satunya belajar bangkit saat terpuruk. Konsistensi mereka dalam dunia usaha/bisnis diakui dan mereka memang ahlinya dalam bidang ini. 

14). Memutuskan jadi pengusaha bukan berarti tidak berprestasi di bidang akademis. 

Ulasan Redaksi :
Kalau kita melihat di Indonesia, banyak sekali pengusaha baik itu di bidang online, kesehatan, pertanian, kuliner dan hal yang lain didominasi oleh para lulusan sarjana. Bahkan tidak sedikit lulusan dari luar negeri meramaikan bidang usaha di Indonesia. Kita ambil contoh yang mudah, pengusaha muda Nadiem Anwar Makarim (CEO Go-Jek, layanan transportasi online dan penyedia jasa berbasis daring) adalah lulusan pasca sarjana Harvard Business School dengan gelar Master of Business Administration. Jadi sangatlah naïf kalau kita memandang bahwa pengusaha kebanyakan adalah orang-orang yang kurang pendidikannya. 

Pengusaha adalah pekerjaan yang berdasarkan panggilan hati nurani. Banyak pengusaha yang terjun ke dalam bisnis dunia usaha ini setelah mereka lulus sekolah atau ada juga yang karena merasakan ketidaknyamanan ketika bekerja dengan perintah orang lain kemudian berusaha membuka lapangan kerja sendiri. Dan harus kita akui, bahwa orang yang berkecimpung di dunia usaha menjadi pengusaha bukanlah orang-orang yang notabene bodoh. Tapi mereka termasuk orang-orang yang pintar dan pandai memainkan banyak strategi. Strategi yang mereka punyai meliputi bagaimana memasarkan produk mereka, memagement pengolaan barang, memaksimalkan peran para karyawan mereka hingga hal-hal yang bagi kita orang awam tidak mengetahuinya. Dan ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Bagi mereka yang mempunyai prestasi akademis saat menimba ilmu di bangku sekolah, inilah saatnya membuktikan diri dapat bersaing di dunia kehidupan yang nyata.


SHARE THIS

Author:

Penulis adalah seseorang yang sedang belajar, terus belajar dan berusaha untuk mengembangkan pengetahuan diri. Tulisan dan beberapa informasi yang dirangkum secara sederhana..semoga memberi manfaat bagi para pembaca sekalian. Sukses dan Tetap Semangat!!!

0 komentar: